-Black Style-

Wednesday, January 30, 2013

10 Fakta Tentang Mimpi



Mimpi adalah komunikasi antara tubuh, pikiran dan jiwa. Sebenarnya sepanjang waktu bermimpi meski pada saat bangun, proses itu berlangsung pada alam bawah sadar kita. Berikut ini fakta menarik mengenai mimpi, cekidot!

1. Orang buta juga bermimpi
Orang yang terlahir buta dalam mimpinya memang tidak melihat “gambar ke 2” tapi mereka bermimpi tentang suara, sentuhan dan emosi yang mereka rasakan. Memang sulit bagi orang normal untuk bisa memahami, tapi keinginan tubuh untuk tidur dan bermimpi sedemikian kuatnya sehingga bisa mengatasi segala macam hambatan fisik manusia.

2. 90% dari mimpi akan terlupakan                                                    
Sekitar 5 menit setelah terbangun, mimpi akan segera terlupakan 50% dan 10 menit kemudian 90% “jalan cerita” mimpi akan terlupakan. Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu waktu terbangun setelah mendapatkan mimpi yang indah, dia lalu segera menuliskannya di kertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-tiba ada orang yang datang kerumahnya. Setelah urusan dengan orang itu selesai Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tapi dia tidak berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai. Puisi yang tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan” dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.

3. Semua orang bermimpi
Semua orang bermimpi (kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah) tapi laki-laki dan perempuan mimpinya berbeda dan beda pula reaksi fisiknya. Laki-laki cenderung bermimpi tentang laki-laki lain sedangkan perempuan mimpinya cenderung tentang laki-laki atau perempuan lain.

4. Mimpi mencegah gangguan emosi 
Pada penelitian baru-baru ini tentang tidur, percobaan pada orang yang dibangunkan saat awal mimpi tapi tetap diperbolehkan tidur 8 jam sehari, setelah 3 hari menjadi kehilangan konsentrasi, gampang marah, halusinasi dan tanda-tanda gangguan jiwa lainnya.

5. Saat bermimpi tubuh akan lumpuh
Hal ini terjadi untuk mencegah supaya tubuh tidak mengikuti alur cerita mimpi. Jadi jika kita mimpi dikejar massa, kaki kita tidak ikut lari mengikuti alur dalam cerita. Ada hormon yang dihasilkan saat kita tidur yang membuat saraf mengirimkan pesan ke tulang belakang menyebabkan tubuh kita menjadi rileks dan lama-lama lumpuh.

6. Seseorang hanya akan bermimpi apa yang dia ketahui
Sering kali mimpi yang terjadi sedang berada di tempat asing dan bertemu dengan banyak orang yang tidak diketahui. Tapi, sesungguhnya tempat itu pernah diketahui dan orang-orang tersebut adalah orang-orang yang pernah dilihat pada masa lampau. Para ahli percaya bahwa sepanjang hidup seseorang pernah melihat ratusan ribu bahkan jutaan wajah dari berbagai tempat dan memori otak mampu merekam semua itu.

7.  Mimpi itu tidak seperti apa yang terlihat
Apa yang dilihat dari mimpi sebenarnya hanya simbolisasi dari hal lain. Otak seseorang dapat berimajinasi saat tidur, jadi otak akan menggali ingatan sehingga muncul mimpi aneh. Padahal, sumber mimpi adalah dari sesuatu yang pernah dialami sebelumnya. Sehingga dapat diartikan bahwa mimpi itu merupakan simbolisasi yang sangat dalam, karena itulah banyak orang yang tertarik dengan buku tafsir mimpi.

8. Tidak semua orang mimpinya berwarna
Menurut penelitian, 12% orang normal mimpinya selalu “hitam-putih” dan lainnya dapat bermimpi dengan berwarna.

9.  Mimpi cenderung dengan tema yang sama
Saat kita berimajinasi, kita daat bermimpi terbang. Pada saat ujian kita dapat bermimpi terlambat datang ke sekolah. Sehingga dapat ditafsirkan suasana sekitar mempengaruhi mimpi.

10. Bayi tidak bermimpi tentang dirinya sampai usia sekitar 3 tahun
Bayi tidak bermimpi mengenai dirinya sampai kurang lebih berusia 3 tahu. Tapi sejak usia 3 sampai 8 tahun mereka akan mendapatkan mimpi buruk yang jauh lebih sering daripada orang dewasa. Jadi itu merupakan jawaban mengapa anak kecil sering menangis setelah terbangun dari tidurnya.
Reference: resep.web.id

Nah, sudah baca kan? Jangan kaget kalau mimpi memiliki fakta yang aneh-aneh. Sekian postingan ini, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment