-Black Style-

Saturday, January 26, 2013

Mengkoneksikan Internet di Komputer Melalui Handphone Via Bluetooth

Halo semua, kali ini blog ini akan share tips & trik untuk semuanya yang ingin menjadikan handphone (HP) sebagai modem. Ini saya share karena banyak yang penasaran apakah bisa menjadikan HP sebagai modem di komputer, tentu saja jawabannya bisa. Alasan kedua karena memang banyak yang tidak memiliki modem, contohnya saya sendiri karena modem rusak terpaksa harus memanfaatkan alat lain untuk terkoneksi ke internet.

Pada saat itu saya berpikir alat yang dapat digunakan untuk alternatif, HP adalah jawabannya. Tapi, kabel data tidak termasuk paket saat beli HP. Karena saya menggunakan laptop yang memiliki fitur bluetooth dan HP saya juga memiliki bluetooth maka munculah ide mengkoneksikan internet via bluetooth. Cara ini tidak menggunakan software apapun, hanya menggunakan sistem bawaan dari OS Windows. Nah, untuk mengkoneksikan internet melalui HP (via bluetooth) harus memiliki alat-alat sebagai berikut:

  • PC (komputer/laptop) yang memiliki fitur bluetooth.
  • Handphone yang memiliki fitur bluetooth dan fitur internet (GPRS/3G/HSDPA dan semacamnya) serta diisi sim card yang aktif untuk internet, pastikan sudah terdaftar GPRS operator.
Nah, setelah alat-alat terpenuhi berikut proses setting agar dapat terkoneksi ke internet:

  • Pastikan bluetooth komputer dan HP sudah diaktifkan.
  • Kemudian add device (klik kanan pada tray icon bluetooth di komputer).
  • Kemudian pilih HP yang akan digunakan (tertera nama bluetooth) dan lakukan pairing device, semua tau kan caranya Smiley - big grin. Tunggu sampai install driver selesai.
  • Setelah itu, pergi ke tempat perangkat bluetooth terkoneksi (pada tray icon bluetooth klik kanan dan klik “Show Bluetooth Device”).
  • Klik kanan pada HP yang sudah dikoneksikan tadi. Kemudian “Dial-up Networking” dan pilih “Create a dial-up connection”.
  • Kemudian muncul kotak dialog, pilih saja yang paling atas.
  • Pada kotak dialog yang selanjutnya diminta untuk mengisi informasi Internet Service Provider (ISP) untuk melakukan panggilan koneksi. Isi sesuai dengan kartu ISP yang digunakan, jika tidak tahu pada umumnya terdapat dalam paket perdana kartu.
  • Step terakhir klik "Connect" dan tunggu proses (jangan di skip) sampai muncul notice "The connection to the internet is ready to use".
Nah, sekarang sudah terkoneksi dengan internet. Kecepatan koneksi internet tergantung pada teknologi yang digunakan. Umumnya, pada HP teknologi yang digunakan GPRS yang hanya mencapai kecepatan maksimal 115,2 kbps (kalau beruntung) itu pun sangat susah tercapai. Jadi, jika ingin koneksi cepat gunakan HP yang mendukung teknologi tinggi seperti 3G dan HSDPA. Sekian tips cara menjadikan HP sebagai modem, semoga bermanfaat Smiley - happy eyes.

0 comments:

Post a Comment